Data NFP Memicu Koreksi Pada Pergerakan Harga Emas

 

Senin 9 Juli, 2012

Kawasan Eropa

Yield Negara Spanyol kembali naik di atas level 7% pada Jumat 09 Juli sebagai dampak dari European Summit pada pekan sebelumnya serta penurunan suku bunga ECB pada hari Kamis yang belum dapat memulihkan minat investor pada aset berisiko.

Kinerja bursa saham Eropa mencatat rekor terburuk dalam kurun dua pekan terakhir, dimana indeks FTSEurofirst 300 anjlok 1 persen ke level 1,033.77. Sedangkan mata uang Euro sempat mengalami penurunab sekitar 1% ke level terendah dua tahun lalu dikisaran 1,2264 sebelum  akhirnya terjadi rebound menuju area 1,2296, dan mencatat penurunan sebesar 0,77% akhir perdagangan jumat lalu.

Kawasan Amerika

Lebih dari dua pertiga saham perusahaan yang diperdagangkan pada kedua bursa New York Stock Exchange dan Nasdaq melemah dan mata uang Euro mencapai titik terendah dalam 2‐tahun terakhir terhadap Dollar AS pada sesi Jumat 06 Juli lalu setelah dirilisnya data sektor ketenagakerjaan AS yang mengecewakan dan meningkatkan kekhawatiran akan perlambatan ekonomi Amerika.

Berdasarkan data dari Departemen Tenaga Kerja non‐farm payrolls hanya naik  80.000 pada periode Juni lebih rendah dari perkiraan para analis sebelumnya. Disamping itu Amerika juga belum mampu untuk  menekan level pengangguran secara siginifikan dimana data pada hari jumat lalu mencatat bahwa level pengangguran di amerika sebesar 8,2 persen.

Namun meskipun data non‐farm payrolls lebih rendah dari yang diharapkan, banyak investor mengatakan hal tersebut tidak terlampau buruk untuk dapat memicu The Federal Reserve meluncurkan pelonggaran kuantitatif putaran ketiga (QE3).

Kawasan Asia

consumer-price inflation China  turun ke posisi terendah 29-bulan pada bulan Juni dan memberikan lebih banyak ruang kepada Perdana Menteri Wen Jiabao untuk bersantai dalam memberikan kebijakan ekonomi setelah negara tersebut memangkas suku bunga sebanyak 2 kali dalam satu bulan terakhir.

Biro Statistik Nasional Beijing hari ini mengatakan bahwa CPI China naik sebesar 2,2 persen dari tahun sebelumnya. Laporan inflasi hari ini juga menandai bahwa target dari pemerintah belum tercapai dan dapat mendorong pemerintah untuk mengambil langkah lebih lanjut guna membantu pertumbuhan yang mungkin melambat.

Komoditi

Emas melemah lebih dari 1.5 persen pada perdagangan yang sangat volatile pada hari Jumat lalu karena investor berbalik mencari aman pada dollar AS dan melepaskan euro serta logam mulia setelah data NFP AS menunjukkan adanya peningkatan tipis di bulan Juni. Sementara itu tingkat pengangguran AS tetap berada di level yang tinggi 8.2%.

Penurunan harga minyak hampir sebanyak 3% dan memicu kecemasan perlambatan ekonomi global yang juga menekan harga emas. "Emas hanya bereaksi pada penguatan dollar dan pelemahan bursa saham, dan komoditas tertekan oleh kecemasan deflasi, yang kian melemahkan emas," ucap Carlos Perez-Santalla, broker emas pada PVM Futures.

Data Ekonomi Hari Ini

Waktu

Data

Forecast

Previous

8:30am

CPI y/y China

2.4%

3.0%

7:30pm

ECB President Draghi Speaks

-

-

10:30pm

MPC Member Tucker Speaks

-

-

10:55pm

FOMC Member Williams Speaks

-

-

Intraday Chart

Secara umum pergerakan harga emas pada hari ini masih cenderung didominasi oleh momentum bearish seperti halnya yang terlihat pada grafik diatas. Secara teknikal saat ini emas terkonsolidasi pada kisaran 1576.28 hingga 1584.17 pasca dirilisnya data NFP pada hari jumat lalu. Semantara itu kondisi RSI yang saat ini berada pada area oversold berpotensi memicu terjadinya rebound menuju resistance 1592.99 hingg 1596.93 jika pergerakan harga emas mampu menembus area 1584.17. Sebaliknya waspadai pergerakan bearish lanjutan menuju area 1568.39 jika support 1576.28 pecah.

 

Disclaimer

Risk and Disclaimer

Informasi dan opini yang terdapat dalam website ini adalah untuk tujuan pendidikan saja dan bukan merupakan nasehat investasi.Sementara informasi yang terkandung di sini diperoleh dari sumber yang dapat dipercaya, fxmovement selaku market research dan www.anekalogam.com tidak menjamin keakuratan atau kelengkapan dan tidak akan menerima tanggung jawab atas hilangnya keuntungan atau kerusakan yang mungkin timbul secara langsung, tidak langsung atau akibatnya dari penggunaan pada perdagangan.

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

Emas Batangan Antam
Kemasan Baru