Emas Tunggu Data NFP Amerika


Jumat, 6 Juli 2012

Kawasan Eropa

Keputusan bank sentral eropa (ECB) tetang pemangkasan suku bunga sebesar 25 basis point pada kamis malam kemarin memicu terjadinya penguatan pada mata uang USD. Hal tersebut juga diperkuat oleh adanya statment dari otoritas moneter Inggris tentang rencana pembelian aset sebesar 50 miliar pound ($ 78000000000) untuk membantu perekonomian negara tersebut agar segera keluar dari resesi.

 

 

Kawasan Amerika

Berita mengenai ADP Non-Farm Employment Change untuk US yang dirilis hamir berbarengan dengan berita pemangkasan suku bunga oleh ECB dan keputusan BOE tentang pembelian aset kemarin, menjadi salah satu berita yang cukup positif bagi pasa pelaku pasar sehingga memicu rally pada mata uang USD.

Rilis payrolls nanti malam juga akan sangat menentukan arah dari pergerakan emas pekan depan. Di samping itu, investor tetap memantau munculnya kemungkinan pelonggaran kuantitatif dari bank sentral.seperti halnya kebijakan moneter suportif seperti pencetakan uang baru akan mendukung kenaikan emas. Sebaliknya, jika ekspektasi itu pupus, maka emas tidak akan mencatat rally yang cukup berarti dalam waktu dekat.

Berita Asia

China bank sentral telah memotong suku bunga untuk yang kali kedua hanya dalam hitungan minggu sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi pada kuartal terakhir ini dimana pertumbuhan ekonomi china diproyeksikan ebesar  sebesar 7,8 persen pada kuartal kedua dan merupakan pertubuhan ekonomi terlemah dalam dalam tiga tahun terkahir.

Berita Komoditi

Spot emas naik tipis pada awal sesi perdagangan hari ini, setelah sebelumnya sempat terkoreksi hingga berada di bawah level 1600 pasca keputusan BOE dan ECB yang memproyeksikan buruknya pertumbuhan ekonomi di masing-masing wilahnya. Untuk hari ini fokus pasar akan terarah pada data penting AS berupa Non-farm payroll dan unemployment rate untuk bulan juni sebagai isyarat prospek ekonomi kedepan dan juga bisa menjadi sebuah momentum bagi para pelaku pasar untuk entry market.

Data Ekonomi Hari Ini

Waktu

Data

Forecast

Previous

3:30pm

PPI Input m/m GBP

-2.1%

-2.5%

3:30pm

PPI Output m/m GBP

-0.2%

-0.2%

5:00pm

German Industrial Production m/m Jerman

0.2%

-2.2%

7:30pm

Non-Farm Employment Change

97K

69K

7:30pm

Unemployment Rate

8.2%

8.2%

7:30pm

Average Hourly Earnings m/m

0.2%

0.1%

Intraday Chart

Secara umum tekanan bearish pada emas masih berlajut pada sesi perdagangan hari ini. Berdsarkan fundamental diatas pergerakan harga emas diperkirakan akan bergerak secaar terbatas, menunggu data NPF malam nanti.  Saat ini bias emas terlihat cenderung bearish dan menguji support dikisaran 1597.26. Jika pergerakan harga berhasil menembus level tersebut ada peluang pergerakan bearish lanjutan menuju area support dikisaran 1590.78 hingga 1586.94.

Sementara itu kondisi indikator teknikal berupa RSI yang saat ini tengah mendekati area jenuh jual berpeluang memicu terjadinya rebound menuju area 1603.64 hingga 1610.98 jika area support 1597.26 bertahan dan sinyal bullish muncul pada area tersebut.

 

Disclaimer

Risk and Disclaimer

Informasi dan opini yang terdapat dalam website ini adalah untuk tujuan pendidikan saja dan bukan merupakan nasehat investasi.Sementara informasi yang terkandung di sini diperoleh dari sumber yang dapat dipercaya, fxmovement selaku market research dan www.anekalogam.com tidak menjamin keakuratan atau kelengkapan dan tidak akan menerima tanggung jawab atas hilangnya keuntungan atau kerusakan yang mungkin timbul secara langsung, tidak langsung atau akibatnya dari penggunaan pada perdagangan.

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

Emas Batangan Antam
Kemasan Baru