Emas Sedikit Tertekan Menjelang FOMC

Kamis, 13 September 2012

Kawasan Eropa

Pengadilan tinggi konstitusi Jerman akhirnya membuka jalan bagi ratifikasi dana bailout permanen Eropa. Dukungan Jerman terhadap dana bailout Eropa akan mempercepat tawar-menawar atas program pembelian obligasi untuk Spanyol.

Spanyol meminta agar intervensi ECB di laksanakan tanpa pamrih, sedangkan pihak kreditur yang dipimpin oleh Kanselir Jerman Angela Merkel enggan untuk meminjamkan lebih banyak uang. Presiden bank sentral Eropa, Mario Draghi sedang menunggu kesepakatan kedua belah pihak sebelum kembali ke pasar obligasi.

Kawasan Amerika

The Federal Reserve kemungkinan akan mengumumkan kebijakan moneter baru terhadap pembelian obligasi putaran ketiga. Gubernur The Fed, Ben S. Bernanke dan koleganya di Federal Open Market Committee akan kembali menggelar kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kurang dari 2 persen pada kuartal kedua tahun ini dan menurunkan pengangguran yang terjebak di atas 8 persen selama 43 bulan berturut-turut.

Kawasan Asia Pasifik

Saham Asia menguat pada hari keenam terhadap kemungkinan spekulasi langkah-langkah stimulus yang akan membantu menghidupkan kembali pertumbuhan ekonomi global. Dolar diperdagangkan mendekati terendah empat bulan menjelang keputusan kebijakan Federal Reserve pada hari ini.

Imbal hasil bagi obligasi pemerintah Korea Selatan dengan tenor tiga tahun naik ke level tertinggi dalam empat minggu terakhir setelah bank sentral secara tak terduga memilih untuk tidak menurunkan suku bunga.

Berita Komoditas

Setelah Jerman melegalkan dana bailout yang secara jangka panjang akan meningkatkan inflasi sehingga berpotensi akan menaikkan nilai emas sebagai alat lindung nilai yang tahan akan inflasi.

Hari ini pelaku pasar akan menunggu hasil pertemuan FOMC dimana bank sentral kemungkinan akan memberikan stimulus tahap ketiga sehingga emas berpotensi akan menjadi barang yang akan di buru oleh para pelaku pasar.

Data Ekonomi Hari Ini

Waktu

Data

Forecast

Previous

14.15

PPI m/m, Swiss

-0.2%

-0.3%

14.30

Libor Rate, Swiss

-0.25%

-0.25%

14.30

SNB Monetary Policy Assessment, Swiss

 

 

15.00

ECB Monthly Bulletin, Eropa

 

 

Tentative

10-y Bond Auction, Inggris

 

1.72|2.2

19.30

PPI m/m, AS

1.1%

0.3%

19.30

Unemployment Claims, AS

370K

365K

11.30

FOMC Statement, AS

 

 

11.30

Federal Funds Rate, AS

0.25%

0.25%

12.00

30-y Bond Auction, AS

 

2.83|2.4

01.00

FOMC Economic Projections, AS

 

 

01.00

Federal Budget Balance, AS

-156.1B

-69.6B

01.15

FOMC Press Conference, AS

 

 

Intraday Chart


Pergerakan emas pada grafik 1 jam-an terlihat kembali terkoreksi dan saat ini terlihat berpotensi sedikit tertekan oleh dollar. Jika emas melanjutkan koreksinya dengan bergerak ke bawah maka support $ 1725.02 hingga $ 1718.15 berpotensi akan di tembus oleh pergerakan harga.

Sebaliknya jika emas kembali menguat dengan menembus resistan $ 1733.51 maka ada peluang emas akan bergerak ke atas menuju resistan berikutnya pada kisaran $ 1747.25.

 

Disclaimer

Risk and Disclaimer

Informasi dan opini yang terdapat dalam website ini adalah untuk tujuan pendidikan saja dan bukan merupakan nasehat investasi.Sementara informasi yang terkandung di sini diperoleh dari sumber yang dapat dipercaya, fxmovement selaku market research dan www.anekalogam.com tidak menjamin keakuratan atau kelengkapan dan tidak akan menerima tanggung jawab atas hilangnya keuntungan atau kerusakan yang mungkin timbul secara langsung, tidak langsung atau akibatnya dari penggunaan pada perdagangan.

 

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

Emas Batangan Antam
Kemasan Baru