Emas Masih Menunggu Draghi

Kamis, 9 Agustus 2012

Kawasan Eropa

Bank of England memangkas proyeksi pertumbuhan dan mengatakan inflasi akan berada di bawah target dalam dua tahun ke depan dikarenakan krisis hutang di zona Eropa. Bank sentral memperkirakan produk domestik bruto sekitar 2 persen dalam dua tahun ke depan.

Saham di bursa Eropa melemah sedikit lebih rendah terpukul pada sesi sebelumnya ketika imbal hasil bagi obligasi Spanyol dengan tenor 10-tahun naik di atas 7 persen.

Komentar dari Gubernur Bank of England Mervyn King mengatakan tidak ada kebutuhan mendesak untuk mencetak uang sehingga membuat kecewa para investor terhadap bank sentral.

Kawasan Amerika

Presiden Federal Reserve, Dallas, Richard Fisher mengatakan stimulus ekonomi yang cukup sudah di jalankan dan bank sentral global mungkin tidak memiliki kapasitas lagi untuk melakukan langkah-langkah tambahan yang mendorong pertumbuhan.

Indeks Dow Jones Industrial Average berada dalam level keuntungan sebesar 7,04 poin atau 0,05 persen, berada di kisaran 13,175.64. Indeks S & P 500 bertambah 0,87 poin atau 0,06 persen,  dan berada di kisaran 1,402.22. Sementara itu, indeks Nasdaq turun 4,61 poin atau 0,15 persen, dan berada pada 3,011.25.

Kawasan Asia Pasifik

Saham Asia kembali menguat pada hari keempat menjelang data inflasi China dan sebelum keputusan stimulus Bank of Jepang. Dolar Selandia Baru melemah setelah kenaikan pengangguran.

Inflasi konsumen Cina diperkirakan melambat ke level 1,7 persen dari tahun sebelumnya pada bulan Juli. Demikian juga dengan penjualan ritel Cina merosot dan produksi industri di negara ekonomi terbesar kedua di dunia tumbuh kurang dari 10 persen pada bulan keempat.

Berita Komoditas

Para pelaku pasar masih terus menunggu aksi bank sentral Eropa terkait pernyataan presiden ECB, Mario Draghi setelah pertemuan dengan dewan ECB. Draghi mengumumkan bahwa ECB sekarang telah siap penuh akan melakukan rogram Quantitative Easing (membeli obligasi langsung) yang sudah barang tentu akan membuat harga emas akan menjdi lebih mahal.

Data Ekonomi Hari Ini

Waktu

Data

Forecast

Previous

Tentative

Monetary Policy Statement, Jepang

 

 

Tentative

Overnight Call Rate, Jepang

0.1%

0.1%

12.30

Fixed Asset Investment ytd/y, Cina

20.5%

20.4%

12.30

Industrial Production y/y, Cina

9.8%

9.5%

15.00

ECB Monthly Bulletin, Eropa

 

 

15.30

Trade Balance, Inggris

-8.5B

-8.4B

19.30

Trade Balance, AS

-47.4B

-48.7B

19.30

Unemployment Claims, AS

371K

365K

Intraday Chart


Pergerakan emas pada grafik 1 jam-an terlihat berada dalam kondisi positif dan saat ini terlihat bergerak ke atas menguji resistan $ 1618.45. Pecahnya resistan tersebut berpeluang akan membawa harga emas akan bergerak ke atas menuju resistan berikutnya pada kisaran $ 1626.50. Sebaliknya waspadai juga jika harga emas melemah maka paling tidak area support $ 1610.40 hingga garis tren berpotensi akan di bidik oleh pergerakan harga.

 

Disclaimer

Risk and Disclaimer

Informasi dan opini yang terdapat dalam website ini adalah untuk tujuan pendidikan saja dan bukan merupakan nasehat investasi.Sementara informasi yang terkandung di sini diperoleh dari sumber yang dapat dipercaya, fxmovement selaku market research dan www.anekalogam.com tidak menjamin keakuratan atau kelengkapan dan tidak akan menerima tanggung jawab atas hilangnya keuntungan atau kerusakan yang mungkin timbul secara langsung, tidak langsung atau akibatnya dari penggunaan pada perdagangan.

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

Emas Batangan Antam
Kemasan Baru