Keputusan ECB Picu Aksi Jual Emas

Jumat, 3 Agustus 2012

Kawasan Eropa

Bursa saham global dan euro anjlok pada hari Kamis kemarin menyusul adanya kekecewaan dari para investor terhadap langkah pihak ECB yang sebelumnya diharapkan akan menempuh jalan extreme untuk menanggulangi krisis utang zona euro. Namun pada malam hari kemarin Draghi tidak memberikan isyarat bahwa bank sentral akan membeli obligasi pemerintah zona-euro dalam waktu dekat, pihak ECB hanya memberikan investor harapan bahwa bank sentral akan bertindak lebih untuk redakan krisis utang namun tidak mengutarakan komitmen pembelian obligasi pemerintah bermasalah dalam waktu dekat.

Sejak pernyataan Draghi yang mengejutkan pasar pekan lalu dengan janji untuk menyelamatkan euro, bursa saham Eropa menguat sebanyak 5 persen, dan euro telah meningkat sekitar satu persen terhadap dolar sedangkan imbal hasil utang Italia dan Spanyol merosot tajam. Namun demikian beberapa analis, tetap yakin bahwa dengan pernyataan Draghi menegaskan bahwa para pembuat kebijakan ECB serius tentang keinginan membantu negara‐negara seperti Spanyol dan Italia dan menghentikan penyebaran krisis

Kawasan Amerika

The Federal Reserve mengambil pendekatan wait and see dan belum mengumumkan langkah‐langkah stimulus baru guna membantu pemulihan ekonomi Amerika. Data sektor ketenagakerjaan Amerika pada hari ini diprediksi akan memperlihatkan penambahan 100.000 pekerjaan pada periode Juli namun jumlah tersebt masih  belum mencukupi untuk menurunkan tingkat pengangguran di level 8,2 %.

Pada hari kemarin indeks Dow Jones ditutup turun 92,18 poin atau sekitar 0,71 persen sedangkan Indeks Standard & Poor 500 mengalami penurunan sekitar 10,14 poin atau 0,74 persen ke level 1,365.00. Terakhir Nasdaq Composite Index juga mengalami penurunan sekitar 10,44 poin atau 0,36 persen pada kisaran 2,909.77.

Kawasan Asia Pasifik

Pernyatan BOJ yang menyatakan bahwa krisis hutang eropa berpotensi menunda peningkatan pada permintaan external yang sangat penting bagi pemulihat ekonomi jepang menegaskan kekhawatiran bank sentral negara tersebut terhadap kondisi ekonim global yang masih belum stabil. Anggota dewan BOJ Yoshihisa Moritomo memberikan pernyataan yang menunjukan bahwa BOJ siap untuk melonggarkan kebijakan moneter lebih lanjut jika resiko global meningkat dan meghambat pertumbuhan ekonomi negara tersebut.

Pasar asia anjlok Jumat pagi menyusul penurunan yang erjadi pada bursa Eropa dan Amerika yang kecewa dengan kepuusan yang di ambil oleh bank sentral Eropa. Di jepang Nikkei Stock Average mengalami penurunan sebesar 1.4%, sedangakan di Korea Selatan index Kospi turun sebesar 1.3%, dan index Australia S&P/ASX 200 melemah sekitar 1.2%.

Berita Komoditas

Harga emas kembali tergelincir pada hari Kamis seiring tindakan para investor emas yang terus mengurangi posisi bullish terhadap emas mengingat kurangnya langkah yang agresif dari European Central Bank dan U.S. FED untuk merangsang  pertumbuhan ekonomi global. Harga spot emas pada hari kemarin di tutup turun sebesar 10,25 USD pada level  1,588.30 / troy ounce.

Mario Draghi mengecewakan harapan investor untuk merancang tindakan yang lebih berani dalam mengatasi krisis utang zona euro dalam pernyataan pentingnya. Dia mengatakan pembeliaan obligasi pemerintah tidak akan terjadi sebelum bulan September‐dan hanya jika pemerintah mengaktifkan dana bailout zona euro untuk bergabung dengan ECB dalam pembelian obligasi.

Data Ekonomi Hari Ini

Waktu

Data

Forecast

Previous

15.30

Services PMI,Inggris

51.6

51.3

19.30

Non-Farm Employment Change, Amerika

101K

80K

19.30

Unemployment Rate, Amerika

8.2%

8.2%

21.00

ISM Non-Manufacturing PMI, Amerika

52.1

52.1

Intraday Chart

Secara teknikal pergerakan harga emas pada grafik 1-jam saat ini terlihat rebound dan menguji area resistance yang juga merupakan area MA 20 pada kisaran 1591.75. Pecahnya area resistance tersebut berpeluang memicu terjadinya rebound lanjutan membidik area resistance selanjutnya dikisaran 1600.00 yang juga merupakan area MA 50 atau bahkan menuju area trendline bearish.

Sementara itu wasapadai skenario bearish menuju support 1584.00 hingga 1571.15 jika resistance pada kisaran 1591.75 mampu bertahan dan sinyal bearish muncul pada area tersebut, seiring dengan indikasi bearish yang muncul pada indikator teknikal stochastic seperti yang terlihat pada grafik diatas.

 

Disclaimer

Risk and Disclaimer

Informasi dan opini yang terdapat dalam website ini adalah untuk tujuan pendidikan saja dan bukan merupakan nasehat investasi.Sementara informasi yang terkandung di sini diperoleh dari sumber yang dapat dipercaya, fxmovement selaku market research dan www.anekalogam.com tidak menjamin keakuratan atau kelengkapan dan tidak akan menerima tanggung jawab atas hilangnya keuntungan atau kerusakan yang mungkin timbul secara langsung, tidak langsung atau akibatnya dari penggunaan pada perdagangan.

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

Emas Batangan Antam
Kemasan Baru