Emas Berkonsolidasi, Menunggu Kepastian

Selasa, 31 Juli 2012

Kawasan Eropa

Mata uang Euro kembali melemah terhadap yen Senin kemarin sebelum laporan tingkat pengangguran di zona Eropa yang diperkirakan naik dan menyusutnya manufaktur, sebelum pertemuan Bank Sentral Eropa pada 2 Agustus.

Dana Moneter Internasional mengatakan pada hari ini bahwa krisis utang zona Eropa masih berada dalam ruang yang tidak stabil terhadap keuangan global dan proses perbaikan mungkin akan sedikit lebih panjang.

Menteri Keuangan AS Timothy F. Geithner dan Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble mendukung komitmen para pemimpin Eropa untuk melakukan semua yang diperlukan untuk mempertahankan kestabilan keuangan kawasan Eropa.

Kawasan Amerika

Ketua Federal Reserve Ben S. Bernanke mungkin akan mengambil langkah lain untuk memastikan pertumbuhan ekonomi AS. Pilihan pemotongan suku bunga akan menjadi opsi selain quantitative easing.

Indeks Standard & Poor 500 merosot 0,05 persen menjadi 1,385.3. Treasury AS dengan tenor sepuluh tahun terlihat juga berada dalam kategori negatif, turun lima basis poin menjadi 1,50 persen.

Kawasan Asia Pasifik

Tingkat pengangguran Jepang turun secara tak terduga pada bulan Juni. Demikian juga dengan produksi industri Korea Selatan jatuh untuk pertama kalinya dalam tiga bulan terakhir pada bulan Juni dan perekonomian China juga ikut terus melambat disertai permintaan ekspor yang terbatas.

Ekonomi Korea Selatan berada dalam situasi "sulit",  ujar menteri keuangan, Bahk Jae Wan. Semua cara akan dilakukan untuk menambah pertumbuhan ekonomi “negara ginseng”.

Berita Komoditas

Para pelaku pasar saat ini fokus terhadap pertemuan kebijakan The Fed untuk mengambil menempatkan pada hari Selasa dan Rabu atau Kamis subuh WIB, investor harap harap cemas menunggu sinyal yang jelas dari bank sentral AS.

Demikian juga ECB akan mengadakan pertemuan kebijakan pada hari Kamis, investor berharap ada tindakan nyata setelah Mario Draghi, berjanji pada pekan lalu untuk melakukan apa pun untuk mempertahankan mata uang tunggal.

Data Ekonomi Hari Ini

Waktu

Data

Forecast

Previous

13.00

Retail Sales m/m, Jerman

0.6%

-0.3%

14.55

Unemployment Change, Jerman

9K

7K

16.00

CPI Flash Estimate y/y, Eropa

2.4%

2.4%

16.00

Unemployment Rate, Eropa

11.2%

11.1%

19.30

Core PCE Price Index m/m, US

0.2%

0.1%

19.30

Employment Cost Index q/q, US

0.5%

0.4%

19.30

Personal Spending m/m, US

0.1%

0.0%

20.00

S&P/CS Composite-20 HPI y/y, US

-1.5%

-1.9%

20.45

Chicago PMI, US

52.6

52.9

21.00

CB Consumer Confidence, US

61.5

62.0

Intraday Chart


Pergerakan emas pada grafik 1 jam-an terlihat masih dalam bias bullish. Secara teknikal indikator CCI dan stochastic berpotensi akan bergerak bearish. Jika harga emas menguat dengan menembus resistan $ 1629.25 maka ada peluang harga akan bergerak ke atas menuju resistan berikutnya pada kisaran $ 1643.58. Sebaliknya waspadai juga jika ternyata harga emas melemah dan menembus support $ 1614.92 maka ada kemungkinan harga emas akan kembali terkoreksi dengan bergerak ke bawah menuju support $ 1606.06.

 

Disclaimer

Risk and Disclaimer

Informasi dan opini yang terdapat dalam website ini adalah untuk tujuan pendidikan saja dan bukan merupakan nasehat investasi.Sementara informasi yang terkandung di sini diperoleh dari sumber yang dapat dipercaya, fxmovement selaku market research dan www.anekalogam.com tidak menjamin keakuratan atau kelengkapan dan tidak akan menerima tanggung jawab atas hilangnya keuntungan atau kerusakan yang mungkin timbul secara langsung, tidak langsung atau akibatnya dari penggunaan pada perdagangan.

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

Emas Batangan Antam
Kemasan Baru