Bias Bullish Pada Emas Masih Terasa

Jumat, 27 Juli 2012

Kawasan Eropa

Pergerakan ekuitas Eropa kembali bergairah ditengah spekulasi bank sentral Eropa, The Fed AS dan BOJ Jepang akan meningkatkan upaya untuk memacu pertumbuhan ekonomi global. Euro menguat untuk hari ketiga terhadap dolar.

Presiden Bank Sentral Eropa, Mario Draghi berjanji Kamis kemarin untuk menjaga mata uang Euro, dan memberikan ruang bagi pembuat kebijakan ikut campur dalam pasar uang. ECB berpotensi akan membeli obligasi Spanyol dan Itali untuk mengamankan pasar uang Eropa.

 

Kawasan Amerika

Data hari ini diperkirakan akan menunjukkan pertumbuhan ekonomi AS berada pada laju paling lambat dalam setahun. Pasar tenaga kerja AS berada di laju paling lambat dalam setahun yang menyebabkan perlambatan ekonomi Amerika. Produk domestik bruto, diperkirakan akan naik pada tingkat tahunan 1,4 persen setelah naik 1,9 persen pada kuartal sebelumnya.

Kawasan Asia Pasifik

Penurunan tak terduga pada indeks harga konsumen Jepang dan penjualan ritel yang melambat mendorong spekulasi Bank of Japan akan menambah stimulus.

Gubernur Bank of Japan Masaaki Shirakawa mengatakan bank sentral akan mengejar "pelonggaran moneter yang kuat" unutk menjaga inflasi sampai 1 persen sesuai dengan target yang ditetapkan pada bulan Februari tahun ini.

Berita Komoditas

Gubernur bank Sentral Eropa (ECB) Presiden Mario Draghi menyatakan dalam sebuah konferensi di London bahwa "Dalam mandat kami, ECB siap untuk melakukan apa pun untuk menjaga mata uang euro ... percayalah, itu akan cukup." Pernyataan tersebut telah membuat mata uang Euro menguat tajam sehingga mengerek harga emas naik terpicu oleh penguatan pasar.

Penguatan mata uang Euro telah menjadi support bagi pergerakan emas pada jangka berikutnya sehingga emas kemungkinan akan berubah fungsi sebagai alat lindung nilai uang efektif untuk menjaga nilai mata uang.

Data Ekonomi Hari Ini

Waktu

Data

Forecast

Previous

14.00

KOF Economic Barometer, Swiss

1.24

1.16

14.00

Unemployment Rate, Spanyol

24.7%

24.4%

19.30

Advance GDP q/q, AS

1.5%

1.9%

20.55

Revised UoM Consumer Sentiment, AS

72.0

72.0

Intraday Chart


Secara umum, pergerakan emas pada grafik 1 jam-an terlihat berada dalam bias bullish. Jika emas masih melanjutkan penguatannya dengan menembus resistan $ 1621.45 maka ada peluang harga emas akan bergerak ke atas menuju resistan berikutnya pada kisaran $ 1635.23. Secara teknikal indikator stochastic berada dalam kondisi jenuh beli dimana ada kemungkinan harga emas akan terkoreksi dengan bergerak ke bawah menguji support $ 1607.67. Pecahnya support tersebut berpotensi akan membawa harga emas bergerak ke bawah menuju support $ 1592.25.

 

Disclaimer

Risk and Disclaimer

Informasi dan opini yang terdapat dalam website ini adalah untuk tujuan pendidikan saja dan bukan merupakan nasehat investasi.Sementara informasi yang terkandung di sini diperoleh dari sumber yang dapat dipercaya, fxmovement selaku market research dan www.anekalogam.com tidak menjamin keakuratan atau kelengkapan dan tidak akan menerima tanggung jawab atas hilangnya keuntungan atau kerusakan yang mungkin timbul secara langsung, tidak langsung atau akibatnya dari penggunaan pada perdagangan.

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

Emas Batangan Antam
Kemasan Baru